Skip to main content

Mengenal Fungsi Menu Pos Di Blogger

November tahun 2016, tampilan blogger telah berubah lebih sederhana dan dinamis. Menyatukan dashbor dengan menu blog namun fungsinya tidak ada yang berubah.

Maka dari itu untuk Anda yang pemula, mulailah dengan mengenal satu per satu tentang blogger. Pada tulisan ini saya akan menuliskan fungsi dari menu pos.

Perhatikan gambar berikut ini.
Klik gambar untuk memperbesar
Terlihat angka dari 1 hingga 15 untuk penjelasannya berikut ini.

Angka 1
Menandakan bahwa yang Anda sedang kelolah adalah menu pos

Angka 2
Memberitahukan jumlah tulisan Anda baik yang telah dipublikasikan atau yang masih dalam keadaan draf

Angka 3
Draf adalah tulisan yang belum terpublikasikan

Angka 4
Diterbitkan adalah tulisan Anda yang telah tersebar luas di Google

Angka 5
Entri Baru, mengarahkan Anda dalam membuat tulisan baru untuk blog Anda

Angka 6
Kolom pencentangan untuk setiap atau semua tulisan Anda

Angka 7
Label dari tulisan Anda, bisa juga berfungsi mengganti label Anda sekaligus pada tulisan blog Anda

Angka 8
Publikasikan berfungsi mempublikasikan tulisan Anda sekaligus yang dalam keadaan draf

Angka 9
Kembali ke draf, adalah kembalikan dari mempublikasikan pada angka 8

Angka 10
Kotak sampah atau delete berfungsi sebagai menghapus tulisan Anda yang telah Anda centang

Angka 11
Semua label, adalah kumpulan dari kategori tulisan Anda dan dapat juga berfungsi melihat secara khusus tulisan yang berkategori tertentu

Angka 12
Informasi tentang jumlah setiap tulisan Anda yang ditampilkan pada laman menu pos Anda. Anda juga dapat mengaturnya sendiri berapa tulisan yang Anda ingin tampilkan.

Angka 13
Urutan laman tulisan Anda pada menu pos

Angka 14
Tampilan pos Anda, berapa yang Anda inginkan untuk menampilkan tulisan Anda pada satu laman menu pos 10 hingga 100 tulisan

Angka 15

Informasi tentang kinerja tulisan Anda baik itu like dari Google+, berapa mata yang membaca tulisan Anda dan berapa komentar yang pembaca Anda berikan. Dapat juga berfungsi sebagai pengeditan tulisan Anda jika terdapat penulisan yang salah didalamnya.

Itulah sekilas tentang mengenal bagian menu pos pada blogger. Jika Anda sering mengoperasikannya pasti Anda juga akan mengerti betul fungsi dan tujuannya.

Comments

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...