Skip to main content

Tahun Baru Blog MahaSiswa Komunikasi Yang Pertama

Cukup sulit untuk mengelolah blog apalagi masih pemula. Hanya bisa berandai-andai kapan suksesnya, Walau sering mengeluh lama kelamaan sudah terbiasa juga dengan situasi seperti ini tapi situasi yang tidak bisa kubiasakan adalah situsi dimana saya tidak tahu harus menulis tentang apa?
Itulah situasi yang paling jengkel dalam sejarah ngeblog saya. Walau masih mengeluh juga akhirnya blog ini bisa sampai diumur tiga bulannya dengan konsisten. 

Masih tiga bulan, blog pemula. Jangan khawatir. Tapi cukup sulit untuk melewati tiga bulan tersebut dengan konsisten. Saya pernah membaca postingan yang mengatakan bahwa tidak ada didunia ini yang instan. Dan itu betul.

Walau dengan label Instan pun kita masih membutuhkan proses.Begitupun dengan blogger. Mereka memelihara blog mereka hingga bisa diterima oleh Google AdSense setelah itu mereka menyusun strategi sukses mereka. 

Blogger sukses pernah berada pada posisi kita sebagai pemula. Baik itu sering di tolak AdSense atau sering mempublikasikan dan pengunjung tidak berkembang. Mereka pernah merasakan hal seperti itu. 

Karena ini awal tahun 2017, kenapa tidak? mencoba sukses seperti mereka sukses dengan blog mereka.
Menjadi lebih baik dari tahun 2016
Menyelesaikan target blog yang tertunda tahun 2016
Mengejar ketertinggalan tahun 2016
Dan sukses di tahun 2017

Jangan putus asa, kawan. Anda pasti juga bisa.

Comments

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...