Skip to main content

Cara Membangun Jaringan Antar Blogger

Cara ini saya pelajari dari Blogodolar.com, jika Anda memiliki banyak teman pastinya akan memudahkan Anda dalam mencapai tujuan pribadi Anda. Namun walau begitu ada dua kemungkinan yang akan mengiring Anda sampai tujuan, antara gagal dan berhasil.



Jika Anda membangun jaringan yang baik antar sesama blogger pastinya Anda akan mendapatkan keberhasilan yang baik begitu pun sebaliknya. Kenapa? 
Karena jika Anda memiliki jaringan yang baik sesama blogger, mereka akan dengan senang hati membacklink postingan Anda, merekomendasikan blog Anda.

Cara membangunnya Anda dapat melakukan dengan cara Anda sendiri namun inilah yang saya pelajari dari Blogodolar.com

Buat Daftar Blog Yang Topiknya Sama Dengan Anda
Anda tidak perlu ragu baik itu blogger pro atau masih pemula masukkan kedalam daftar Anda. Karena Anda tidak tahu siapa blogger yang ramah, baik dan perhatian begitupun sebaliknya.

Perkenalkanlah Diri Anda
Setelah Anda menemukan blog yang memiliki topik sama dengan Anda, maka cobalah untuk menyapa pemilik blog tersebut lewat email. Cara Anda memperkenalkan diri harus sopan dan baik seperti Anda berkenalan dengan pacar Anda atau orang tua pacar Anda. Tapi yang perlu saya tekankan Anda jangan bertele-tele dalam memperkenalkan diri.

Berikan Sebelum Menerima
Maksudnya disini adalah jika Anda ingin blogger melink potingan Anda maka Andalah terlebih dahulu melink postingan mereka.

Informasikan tulisan berkualitas Anda kepada mereka
Jika Anda telah menulis postingan yang berkualitas maka informasikan tulisan Anda kepada mereka lewat email mereka. 
Contohnya seperti ini :

Helo ? --- --- --- (Nama Blogger yang Anda infokan)

Saya baru selesai menulis potingan untuk blog saya yang berjudul --- --- ---, (Tulis judul blog Anda) saya berharap Anda menyukainya.

URL nya : --- --- --- (Anda tulis URL tulisan Anda)

Salam blogger.
Hormat saya --- --- --- (Nama Anda)

Begitulah yang saya pelajari dari Blogodolar.com dalam menjalin hubungan sesama blogger.

Anda mesti melakukan pendekatan terlebih dahulu agar blogger lain dapat mengetahui bahwa Anda adalah blogger aktif dan baik. Jika Anda memiliki cara tersendiri dalam menjalin hubungan antar blogger maka lakukanlah agar mereka tahu bahwa Anda adalah blogger aktif dan baik.

Comments

  1. Halo Mas Brio Salam Kenal Aja From Me Zafran,Ane Bloger Pemula So Mohon Bantuan Dan Suportnya yach Thanks Salam Ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, mas Zafran. saya juga masih pemula. masih membhas dasar2 blog...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...