Skip to main content

Langkah-Langkah Memulai Blog Dengan Benar

Cara ini saya pelajari di blog TrikMudahSEO. Bagaimana memulai blog dengan benar? benar disini adalah menurut SEO Google dan ternyata cara membuat blog yang keren dapat dikuasai dalam 1-2 bulan namun membuat blog yang bisa menghasilkan traffic pengunjung yang banyak adalah perkara lain.

Menurut saya itu sudah wajar. Karena pengalaman saya dalam ngeblog sangat sulit dalam menghasilkan traffic pengunjung yang banyak.
Lalu bagaimana cara memulai blog dengan benar sesuai dengan SEO Google.


Pertama
Tentukan Topik Blog Anda

Ini pengalaman saya dalam ngeblog mulai dari tahun 2013. Saya sering membuat blog dan menghapusnya kembali bukan karena merasa bosan atau malas tapi karena saya tidak tahu ingin mempublikasikan tulisan apa lagi untuk blog saya, ini menandakan bahwa Anda yang ingin membuat blog harus dengan topik blog yang Anda sukai, senangi karena akan ada suatu waktu dimana Anda akan merasa kesulitan dalam mempublikasikan tulisan Anda. Cara mengatasinya ada pada topik blog yang Anda senangi dan kuasai itu.

Kedua
Tentukan Domain Anda, Gratis Atau Berbayar

Karena domain Andalah yang akan dikenal orang banyak. Jika saya diberikan pilihan seperti ini berbayar atau gratis, saya akan memilih gratis terlebih dahulu dan berbayar selanjutnya. Karena saya lebih suka memulai keberhasilan dari awal.

Tapi, jika Anda mempunyai banyak uang dan serius dalam ngeblog maka saya saranka Anda perlu menggunakan domain berbayar.


Ketiga
Melakukan Riset Kata Kunci

Anda perlu menjawab tiga pertanyaan ini.
  1. Kata kunci apa saja yang banyak dicari oleh pengguna internet? 
  2. Ini untuk Adsense, kata kunci apa saja yang mempunyai profit besar? 
  3. Bagaimana persaingan dalam kata kunci yang Anda pilih?
Jika Anda dapat menjawabnya maka Anda akan tahu dalam kata kunci apa yang Anda ingin pakai.


Keempat
Nama Domain, Bergaya atau Bermanfaat

Ini yang saya tekankan kepada Anda, jangan memilih nama domain yang asal-asalan. Karena domain Anda akan membantu blog Anda untuk muncul pada halaman pertama dari kata kunci yang dipilih.

Setelah Anda mempelajari langkah dalam membuat blog yang benar menurut SEO Google, maka yang perlu Anda lakukan mempelajari lebih dalam lagi topik yang Anda sukai dan senangi itu.

Comments

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...