Skip to main content

Berguru Dengan Kumcer Ernest Hemingway

Siapa yang tidak kenal dengan Kumcer Ernest Hemingway dalam dunia penulis. Ia adalah seorang novelis, cerpenis serta wartawan Amerika. Ia memiliki gaya penulisan yang begitu khas, singkat dengan gaya mengecilkan dari keadaan sebenarnya dan mempunyai pengaruh yang penting terhadap perkembangan fiksi abad ke-20.

Baca Selengkap riwayat hidupnya: Disini

Sumber : Wikipedia

Kumcer Ernest Hemingway dijuluki sebagai Penulis Prosa Dengan Gaya Terbaik Di DuniaKenapa? Mari kita simak tulisan dari Daeng Anto pendiri Indonovel.com dengan tulisan berjudul Cara Menulis Cerita Pendek Yang Bisa Anda Pelajari Dari Kumcer Ernest Hemingway

The Fifth Column (Angkatan Kelima).
Pada jaman dulu mereka menulis betapa manis dan terhormat orang yang mati demi negaranya. Tapi dalam perang modern kematianmu tidak lagi manis dan terhormat. Seperti seekor anjing kau akan mati tanpa alasan yang jelas.. (Notes for the Next War, Ernest Hemingway)

Melalui 3 baris kalimat notes-nya diatas, Ernest Hemingway mencoba mengidentifikasi makna perang di era modern sebagai latar 1 karya drama, dan 4 cerita pendek mengenai kehidupan manusia dalam bukunya ini.

Bagi yang pernah menonton film berlatar perang semacam Brave Heart, Lord of The Ring, The Last Samurai, maka bersiaplah untuk kecewa saat membaca buku kumpulan cerita pendek ini. Anda takkan menemukan seorang pun pahlawan didalamnya.

Perang yang seharusnya mengisahkan tokoh pejuang, pemberani, ditangan Hemingway malah diisi oleh para penakut, pengecut dan pengkhianat sebagai tokohnya. Tapi disinilah kekuatan utamanya.

Baca selengkapnya: Disini

Pembaca akan terkejut dengan kecerdasannya sendiri, saat berhasil menemukan pesan atau moral cerita begitu selesai membaca tanpa merasa digurui oleh si pengarang.

Itulah kenapa Kumcer Ernest Hemingway pantas mendapatkan julukan penulis prosa terbaik di dunia.

Milikilah gaya penulisan Anda yang dapat membuat dunia terkagum-kagum dengan tulisan Anda. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...