Skip to main content

Cara Membuat Meta Tag Di Blog

Awalnnya saya juga tidak tahu meta tag itu apa? namun setelah saya mempelajari lebih lanjut, maka dapat saya simpukan meta tag itu adalah jika diibaratkan seperti email dan pass Anda. Meta tag ini membantu blog Anda untuk terindeks ke mesin pencari Google.

Lalu bagaimana cara membuat dan memasang meta tag itu di blog? Anda hanya perlu memperlajari cara berikut ini.

Pertama 
Anda terlebih dahulu login pada blog Anda, kemudian pada menu blog Anda pilih Template dan Edit Template. Lalu akan muncul sekumpulan kode HTML, seperti gambar berikut ini.

Klik Gambar Untuk Memperjelas

Setelah itu pada kolom HTML blog Anda, tekan Ctrl+F lalu masukkan kode HTML ini dan cari kode.
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Kedua
Jika kode tersebut telah Anda dapatkan, kemudian masukkan kode berikut ini dibawah kode yang telah Anda temukan tadi.
<meta content='Deskripsi Blog Anda' name='description'/>


<meta content='Kata Kunci Blog Anda' name='keywords'/>
Catatan Deskripsi Blog Anda dan Kata kunci Blog Anda ganti dengan sesuai blog Anda.

Jika sudah, tampilannya akan seperti pada gambar berikut ini.

Klik Gambar Untuk Memperjelas
Anda dapat mengklik Simpan Template jika Anda ingin mengakhirinya sampai tahap kedua namun jika Anda ingin melanjutkannya sampai tahap ketiga pelajari lagi, cara tahap ketiga ini.

Ketiga
Jika Anda ingin melanjutkan tahap ketiga ini boleh saja, dan juga tahap ketiga ini memberikan kesan SEO Friendly lagi pada template blog Anda.
Caranya Anda hanya menambahkan kode HTML ini dibawah kolom merah seperti gambar tahap kedua.
<meta content='Index, Follow' name='robots'/>
<meta content='BELAJAR BLOG' name='STEP BLOG'/>

<meta content='© 2014 STEP BLOG' name='copyright'/>
<meta content='1 days' name='revisit'/>
<meta content='never' name='expires'/>
<meta content='always' name='revisit'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='Bahasa' name='language'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.country'/>
<meta content='All-Language' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='global' name='target'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='index, follow' name='googlebot'/>
<meta content='follow, all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='follow, all' name='msnbot'/>
<meta content='follow, all' name='Slurp'/>
<meta content='follow, all' name='ZyBorg'/>
<meta content='follow, all' name='Scooter'/>
<meta content='all' name='spiders'/>
<meta content='all' name='WEBCRAWLERS'/>
<meta content='noodp' name='robots'/>
<meta content='noydir' name='robots'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
<meta content='aeiwi, alexa, alltheWeb, altavista, aol netfind, anzwers, canada, directhit, euroseek, excite, overture, go, google, hotbot. infomak, kanoodle, lycos, mastersite, national directory, northern light, searchit, simplesearch, Websmostlinked, webtop, what-u-seek, aol, yahoo, webcrawler, infoseek, excite, magellan, looksmart, bing, cnet, googlebot' name='search engines'/>
Catatan : Pada kode HTML ada kata yang bergaris miring itu berarti Anda haru menggantinya sesuai dengan blog Anda.

Seperti pada gambar berikut ini.

Klik Gambar Untuk Memperjelas
Jika selesai Anda hanya tinggal mengklik Simpan Template

Cukup mudahkan untuk memasang meta tag pada blog Anda. Anda dapat melakukannya dengan dua atau tiga cara dan semunya saling berkaitan. Mudahkan.
Maka dari itu, Sekian dan Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...