Skip to main content

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google

Saya pernah berpikir buat apa lagi mendaftarkan blog saya di Google kalau sudah menggunakan Blogger.com pasti blog saya terdaftar di Google. Namun setelah saya membaca beberapa artikel ternyata blog saya memang terdaftar di Google tapi tidak di nampakkan di urutan awal Google.

Lalu bagaimana cara untuk mendaftarkan blog Anda di Google? Tapi, sebelum itu saya ingin menuliskan untuk Anda betapa pentingnya blog Anda terdeteksi di Google. Dengan terindexnya blog Anda di Google tanpa Anda sadari akan mengundang pembaca yang lain untuk membaca blog Anda. Itu sudah jelas.

Dengan terdaftarnya di Google bukan berarti blog Anda akan muncul langsung pada halaman utama Google namun untuk pembelajaran ini setidaknya blog Anda terdeteksi.

Anda jangan langsung berpikir negatif, setiap yang Anda lakukan untuk blog Anda sangat berarti jika Anda mengoptimalkannya dari awal. Jadi Anda akan mempelajari yang namanya SEO atau Search Engine Optimization.

Maka dari itu Anda mulai dengan mendaftarkan blog Anda di Google.

Pertama
Klik link ini www.google.com/addurl setelah itu akan muncul jendela yang membawa Anda untuk memasukkan url blog Anda. Seperti pada gambar berikut ini.

Klik Gambar Untuk Memperjelas
  • Warna Biru : Anda diarahkan untuk memasukkan url blog Anda.
  • Warna Merah : Anda diarahkan untuk melakukan tes sederhana.
  • Warna Kuning : Anda diarahkan untuk mengirim yang telah Anda lakukan sebelumnya.
Kedua
Setelah Anda mengirim surat lamaran add url, Anda hanya tinggal menunggu beberapa menit untuk terindexnya blog Anda di Google.

Ketiga
Dan terakhir Anda hanya tinggal masuk pada halaman awal Google seperti gambar berikut ini.

Klik Gambar Untuk Memperjelas
Jika Anda memasukkan url blog Anda dan muncul seperti artikel Anda itu berarti blog Anda telah terdeteksi oleh Google.

Tahap awal Anda dalam mempelajari SEO telah selesai dan masih ada lagi tahap selanjutnya jadi jangan menyerah.

Comments

Popular posts from this blog

Lead Bercerita (Narrative Lead)

Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri ditengah kejadian. Hasilnya berupa teknik seperti yang dibuat dalam film yang baik. Apakah Anda pernah merasa haus ketika menyaksikan seorang pahlawan Film kehausan di tengah padang pasir? Apakah Anda gemetar di tempat duduk menyaksikan film horor? lead semacam ini sangat efektif untuk cerita petualangan. Misalkan, seorang wartawan melaporkan suasana di sudut sebuah rumah di Bosnia Herzegovina, yang sedang dilanda perang saudara. Kami makan anggur kematian dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istirnya belum lama tewas oleh bom orang serbia. Ini...

Lead Bertanya (Question Lead)

Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Sering lead ini dipakai oleh wartawan yang tidak berhasil menemukan lead imajinatif. Lead ini gampang ditulis, tapi jarang membuahkan hasil terbaik. Dalam banyak hal, lead ini cuma taktik. Wartawan yang menggunakan lead ini tahu bahwa ada pembaca yang sudah tahu jawabannya, ada yang belum. Yang ingin ditimbulkan oleh lead ini ialah rasa ingin tahu pembaca, yang belum tahu mestinya terus ingin membacanya, sedangkan yang sudah tahu dibuat ragu apakah pengetahuannya cocok dengan informasi dari wartawan. Banyak editor enggan memakai lead ini karena pembaca sering dibuat kesal oleh jebakannya. Biasanya lead naratif atau deskriptif lebih disukai. Meskipun demikian, tidak berarti lead bertanya lebih rendah mutunya dari pada yang lain. Kadang-kadang ada cerita yang bisa diberi lead bertanya secara wajar. Seorang wartawan Sekretariat Negara, yang menulis feature tentang kenaikan gaji pejabat tinggi, ...

Lead Kutipan (Quotation Lead))

Kutipan dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. Kekuatan lead kutipan atau quotation adalah penegasan terhadap sesuatu atau objek berita. Umumnya, lead kutipan digunakan ketika sebuah peristiwa atau objek berita berada pada pusaran kontroversi yang kuat. Ingat, lead harus menyiapkan pentas bagi bagian berikutnya dari cerita Anda, sehingga kutipannya pun harus memusatkan diri pada sifat cerita itu, Contoh. "Tangkap hidup atau mati" Kutipan keras itu diucakan Kapolri Letnam Jendral Banurusman. Pembaca akan langsung tergaet, ingin tahu bagaimana nasib orang yang sudah dipastikan harus ditangkap hidup atau mati itu. Kerugian lead semacam ini adalah bahwa kutipan yang dipilih bisa keluar dari isi cerita, bila tekanan pokok diletakkan kepada kutipan itu saja. Misalnya Anda mewawancarai seorang tukang ojek tentang rencana pembangunan kawasan kota J...